Tips Fashion Anak

Erisa berbagai tips fashion anak

Home » Kain Wolfis, Bahan Kain Terbaik Untuk Baju Muslimah Masa Kini

Kain Wolfis, Bahan Kain Terbaik Untuk Baju Muslimah Masa Kini

Kain wolfis merupakan salah satu jenis kain yang dikenal dengan baik oleh masyarakat di Indonesia. Hal ini karena kain ini banyak digunakan untuk memproduksi berbagai model baju wanita yang indah. Anda pasti tidak akan menyesal memiliki baju dengan bahan kain ini karena kualitasnya memang sangat baik.

Bahan wolfis terbuat dari 100% bahan polyester tanpa campuran bahan lain. Tekstur dari permukaan kainnya sendiri adalah lembut, halus, dan tidak membuat pemakainya merasa kegerahan. Selain itu, bahan ini juga tipis dan ringan, namun Anda tidak perlu khawatir karena tidak setipis itu sehingga tembus pandang.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan bahan kain ini sebagai bahan pakaian Anda hendaknya memahami terlebih dahulu seperti apa karakteristik dari kain ini. Hal ini agar Anda mendapatkan baju yang memenuhi harapan Anda sebagai penggunanya.

Karena bagaimanapun tidak jarang banyak yang kecewa setelah bajunya selesai dijahit akibat tidak memahami bahan pakaiannya sendiri.

Baca juga : Katun viscose: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Merawatnya

Mengenal Jenis-Jenis Kain Wolfis

Kain bernama wolfis ini ternyata memiliki banyak sekali jenis-jenisnya yang masing-masing memiliki karakteristik, kelebihan, dan kelemahan. Pengetahuan mengenai hal berikut sangat penting agar Anda bisa mendapatkan efek kain yang tepat untuk baju Anda.

Berikut ini adalah ulasan terkait dengan jenis-jenis kain wolfis yang bisa Anda pelajari. Pastikan Anda mencatat bagian-bagian penting dari jenis-jenis kainnya untuk mempermudah pemilihan jenis kain untuk pakaian tertentu.

1.      Jenis Wolfis Berdasarkan Grade

Penggolongan jenis kain pertama merupakan penggolongan berdasarkan kualitas dari kain itu sendiri. Untuk Wolfis terdapat tiga grade yang berbeda. Grade A dari wolfis memiliki tekstur yang paling halus. Kain grade A dari wolfis ini memiliki sifat unik, yaitu lebih flowy juga. Untuk mendapatkan kain wolfis grade Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Bila Anda menginginkan tekstur kain yang agak mirip dengan grade A, namun menginginkan harga yang murah Anda bisa memilih yang Grade B. Kualitasnya memang di berada di bawah grade A dalam hal tingkat kehalusan dan flowy kainnya. Tetapi harga dari kain ini cukup murah dan cukup bagus untuk menggantikan jenis kain grade A.

Kain dengan grade C memiliki kualitas paling buruk daripada grade lainnya. Wolfis dengan grade C juga kurang jatuh kainnya, sehingga mudah tertiup angin. Anda bisa mendapatkan kain ini dengan harga yang relatif murah.

2.      Jenis Wolfis Premium

Bagi Anda yang membutuhkan kain wolfis dengan kualitas sangat bagus, maka bisa memilih jenis premium. Jenis ini berada di atas grade A dan memiliki karakteristik lebih kokoh, halus, dan lembut di kulit.

Wolfis premium cenderung lebih tipis dan ringan kainnya, tetapi bahannya bisa jatuh sempurna dan tidak menerawang. Anda bisa nyaman menggunakan jenis kain ini untuk pakaian sehari-hari karena teksturnya yang sangat halus. Hal yang penting untuk Anda pertimbangkan adalah kain ini tidak bisa menyerap keringat.

3.      Jenis Wolfis Standar

Jenis wolfis standar merupakan jenis wolfis yang paling banyak terjual di Indonesia karena perpaduan antara harga dan kualitasnya pas menurut banyak orang. Anda bisa mendapatkan bahan kain yang cukup jatuh, tipis, dan ringan. Tetapi bahan kain ini cukup menerawang sehingga Anda perlu menyiasatinya.

Untuk daya serapnya sendiri sama seperti jenis premium yang tidak menyerap keringat. Wolfis standar memiliki serat bahan yang cukup rapi tetapi kurang kokoh.

Memahami Kelebihan dan Kekurangan Kain Wolfis

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan bahan wolfis sebagai bahan dasar pakaian tentu harus tahu terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu Anda bisa membuat pertimbangan dengan baik terhadap penggunaan kain ini. Selain itu, Anda juga bisa menentukan pakaian apa yang cocok Anda buat dengan kain ini.

Kelebihan Bahan Wolfis

Anda bisa mendapatkan dengan mudah wolfis di berbagai toko kain di kota Anda. Sehingga bila Anda membutuhkan tambahan dengan segera, Anda tidak akan mendapatkan kesulitan. Bahan wolfis ini jenisnya pun tidak begitu banyak sehingga dalam satu toko Anda bisa menemukan setiap jenis wolfis dan bisa membandingkannya dengan baik.

Ketebalan dari bahan kain wolfis sangat bervariasi tetapi bisa dibilang tidak berat juga. Anda tidak akan kesulitan untuk mencuci bahan kain ini karena berat ketika terkena air. Jenis kainnya pun tidak mudah kusut sehingga Anda tidak perlu memberikan perlakuan khusus agar kain tidak mudah rusak.

Selain halus, wolfis juga memiliki sifat lentur dan jatuh. Kedua sifat ini bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Bahan kain yang  jatuh membuat Anda tidak perlu khawatir baju akan mudah tertiup angin. Pilihan warna kainnya juga sangat bervariasi yang mana memudahkan Anda membuat kreasi pakaian berbahan wolfis yang kekinian.

Bahan kain ini juga memiliki kelebihan dalam hal harganya yang murah. Semua orang pasti menyukai kelebihan wolfis yang satu ini termasuk Anda, bukan?

Kekurangan Wolfis

Tentu saja tidak hanya kelebihan, tetapi wolfis juga memiliki kekurangan terhadap bahan kainnya yang harus pula Anda ketahui dengan baik. Bahan kain wolfis memiliki banyak sekali pilihan warna. Anda tentu akan bingung mengapa permasalahan jumlah warna ini menjadi kekurangan, bukan?

Permasalahannya terdapat pada tingkat konsistensi warna dari bahan wolfis itu sendiri. Pada dua gulung kain wolfis dengan warna yang sama pada dasarnya tidak memiliki warna yang sama. Karena bila Anda membandingkannya pasti ada selisih warna entah itu agak terang atau agak gelap.

Hal ini tentu menjadi masalah yang serius bila Anda ingin mengkombinasikan bahan wolfis tersebut. Selisih warnanya akan membuat pakaian menjadi kurang menarik dan bahkan bisa menimbulkan kesan asal tambal menambal kain.

Kekurangan berikutnya juga terdapat pada banyaknya tingkat ketebalan kain. Ketebalan kain ini ternyata juga membawa keseluruhan kualitas dari wolfis itu sendiri. jadi, setiap jenis tebalnya memiliki kualitas yang berbeda-beda pula. Sehingga hal ini tidak jarang membuat orang kesulitan ketika memilih bahan wolfis.

Memahami Perawatan Kain Wolfis

Nah, karena Anda berencana ingin membuat sebuah pakaian dari bahan wolfis atau membeli baju dari wolfis, maka Anda harus paham bagaimana perawatannya. Hal ini agar pakaian Anda tersebut bisa terjaga kualitasnya dan awet untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama.

Tahap Pencucian Kain

Untuk mencuci bahan kain wolfis Anda harus merendam kainnya terlebih dahulu dengan campuran deterjen. Pastikan antara deterjen dengan air sudah tercampur dengan merata sebelum Anda memasukkan pakaiannya. Pisahkan pakaian wolfis dari warna yang gelap dan terang sehingga warna tidak tercampur dan mencegah kepudaran.

Diamkan beberapa saat agar deterjen bekerja untuk merontokkan kotoran yang ada di serat-serat kainnya. Setelah itu, Anda bisa mengkuceknya secara perlahan agar tidak merusak kain.

Tahap Penjemuran Kain

Bahan kain wolfis tidak perlu berada di bawah terik matahari langsung tetapi di tempat yang cukup panas saja. Anda juga bisa membalik pakaian, bagian dalam ke luar agar tidak membuat warna kainnya mudah pudar. Selain itu, selalu gunakan gantungan baju agar serat kain tidak mudah rusak.

Tahap Menyetrika Kain

Tujuan menyetrika pakaian adalah agar pakaian menjadi lebih rapi dan tidak terdapat lipatan-lipatan. Tetapi Anda harus ingat bahwa kain wolfis tidak begitu tahan dengan panas sehingga Anda harus memastikan bahwa setrika berada dalam suhu yang tidak begitu panas.

Karena pada dasarnya bahan wolfis sendiri tidak mudah kusut, maka menyetrika dengan suhu rendah pun tidak akan masalah. Anda juga bisa mengakalinya dengan menambah kain agar setrika tidak langsung terkena bahan wolfis.

Tahap Penyimpanan Kain

Dalam penyimpanan kain ini lebih baik Anda menyimpannya dalam kondisi tergantung. Tetapi Anda juga boleh-boleh saja melipatnya dengan rapi. Dengan begitu kain akan lebih terjaga kualitasnya.

Rekomendasi Model Pakaian dari Bahan Kain Wolfis

Setelah mengetahui seperti apa bahan wolfis itu tentu Anda memikirkan baju seperti apa yang bisa Anda pilih untuk modelnya, bukan? Atau bila Anda tidak ingin memulai dari bahan mentah, pasti akan bingung pula menentukan model pakaian yang ingin Anda beli.

Berikut ini adalah pilihan model pakaian dari bahan wolfis yang bisa jadi pilihan untuk menghiasi almari pakaian Anda. Anda pasti akan menemukan satu atau dua pakaian yang memang cocok untuk Anda kenakan.

Gamis Kain Wolfis Syar’i

Pilihan pertama adalah model syar’i karena banyak sekali yang menggunakan jenis kain ini untuk membuat pakaian muslimah. Anda pasti akan merasa nyaman ketika menggunakan model ini dari bahan wolfis karena bahan kainnya yang ringan dan sejuk. Anda tidak akan terbebani ketika melangkah kesana dan kemari.

Model gamis ini biasa hadir secara lengkap dengan cadar. Umumnya model gamis syar’i sangat sederhana tanpa bentuk lipatan-lipatan yang membingungkan dan membuat Anda kesusahan ketika menggunakannya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan pesonanya. Anda tetap akan terlihat cantik dan elegan dengan model yang sederhana.

Permainan model gamis syar’i terletak pada penggunaan motif kain wolfis dan warna-warnanya. Perpaduan corak yang tepat antara gamis dan kerudung polos akan memberikan kesan indah ketika Anda pakai.

Gamis Kain Wolfis Kombinasi

Model wolfis yang satu ini memadukan dua warna yang gelap dan terang untuk mendapatkan gamis yang indah. Wolfis kombinasi hadir untuk menyajikan sebuah gamis yang cocok untuk dipakai anak muda yang mana tidak menghilangkan kesan semangat dan cerianya.

Tidak hanya warna gelap dan terang saja, permainan kombinasi juga terdapat pada motif kain yang digunakan. Tidak jarang pula gamis bahan wolfis ini berpaduan dengan kain brokat untuk mendapatkan kesan elegan dan tradisional.

Untuk wolfis kombinasi sendiri, pola model pakaiannya lebih bervariasi seperti adanya potongan kancing palsu, motif pita, dan model seperti rompi panjang. Dengan begini kaum muda akan semakin percaya diri memilih gamis kain wolfis kombinasi untuk pakaian sehari-harinya.

Gamis Kain Wolfis Renda

Seperti namanya gamis model ini fokusnya terdapat pada renda-renda yang ada. Sifat dari rendanya sebagai pemanis agar tampilan gamis semakin menarik. Bentuk dari rendanya juga sangat bervariasi. Terkadang renda hadir dengan warna yang berbeda sehingga memberikan kesan yang kuat terhadap gamisnya sendiri.

Pilihan renda juga ada yang bermotif, namun motifnya membentuk renda sehingga terkesan lebih modern yang cocok untuk anak muda. Renda juga hadir pada bagian ujung kerudung untuk menambah menarik dan kesan elegan pada kerudungnya.

Bagi Anda yang suka dengan model sederhana, maka gamis kain wolfis renda ini bisa jadi pilihan pula. Karena motif renda sederhana dari garis-garis kain polos juga tersedia.

Atasan Tunik Alma

Bagi Anda yang ingin mencari atasan saja dan bukan gamis, maka atasan tunik alma ini bisa jadi pilihan Anda. Atasan ini memiliki ciri khas renda di bagian pinggangnya dan karet di pergelangan tangan.

Model tunik alma ini hadir dengan warna-warna yang polos sehingga Anda bisa menggunakan kerudung berwarna. Bagian dada atasan alma terdapat aksen hiasan seperti mutiara atau bordiran yang indah.

Tunik alma memiliki panjang di atas lutut dan agak longgar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir pakaian akan mencetak bentuk tubuh.

Atasan Ella

Atasan ini terbuat dari bahan kain wolfis yang polos hanya dengan satu warna saja. Pakaian ini mengadopsi model dari kemeja yang terdapat kancing di bagian depan dan dipercantik dengan pita serut melingkar di bagian pinggang.

Model Ella sangat cocok untuk para kaum muda karena modelnya sederhana dan modern di waktu yang sama. Selain itu, bagian bawah dari model baju ini bergelombang akibat adanya pita serut. Hal ini membuatnya terkesan lucu dan santai.

Atasan Blouse Puff

Model atasan dari kain wolfis memiliki ciri khas mengembang di bagian bawah dan bagian lengannya. Pada bagian lengannya juga terdapat aksesoris pita lengkap dengan belahan sehingga seolah-olah pita menahan belahan tersebut.

Blouse Puff ini cocok untuk Anda gunakan pergi bersantai bersama teman karena sifat pakaiannya yang semiformal. Model blouse puff hadir dengan bahan kain wolfis polos. Anda bisa menambahkan kesan elegan dengan menggunakan kalung yang agak panjang.

Atasan Tunik Hana

Model baju Hana ini menghadirkan kesan elegan dan cantik pada pemakainya. Ada aksen potongan yang melintang di bagian bahu sehingga seolah seperti menutupi sebagian tangan. Tetapi bagian tangannya sendiri terdapat karet yang membuat bagian tangannya menempel sempurna di pergelangan tangan Anda.

Sama seperti tunik pada umumnya, panjang tunik Hana ini hingga selutut Anda. Meskipun modelnya bukan model kain wolfis yang ramai, melainkan sederhana tetapi tunik Hana akan cocok pula Anda gunakan untuk menghadiri kondangan.

Anda bisa memadukan warna tunik Hana dengan kerudung berwarna polos senada ataupun kerudung dengan motif. Kedua hal ini bisa memberikan kesan yang berbeda sehingga Anda bisa menyesuaikan suasana pakaian yang tepat.

Cardigan Afriani

Bagi Anda yang membutuhkan outer, maka pilihan cardigan Afriani ini bisa jadi model pakaian yang pas. Cardigan Afriani hadir dengan bahan kain bermotif entah itu bunga, abstrak, dan garis.

Anda bisa memilih motif pakaian dari kain wolfis yang Anda suka dengan memikirkan kombinasi dalaman dan bawahannya. Karena bahan wolfis ringan, maka pada dalamnya ada furing sehingga pakaian agak berat dan jatuhnya bisa bagus.

Bagian lengan dari cardigan ini agak melebar dan pendek yang mana memudahkan Anda untuk berkegiatan. Anda bisa memilih ukuran cardigan yang agak besar sehingga terlihat bagus kombinasinya dengan dalamannya.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai kain wolfis yang bisa Anda pahami. Sekarang Anda tentu bisa menentukan jenis bahan wolfis yang ingin Anda beli lengkap dengan modelnya, bukan?

Erisa Agustira

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas